Cara Membuat Kalkulator Sederhana Dengan Free Pascal

Apa itu freepascal? hmm, sebelum ke freepascal alangkah baiknya kita jelaskan terlebih dahulu apa itu Pascal.
Pascal adalah bahasa pemograman yang cara penulisannya sangat dekat dengan algoritma struktur inggris. Jadi, bagi yang susah memahami algoritma maka pascal lah solusinya :)
Nama Pascal sendiri bukanlah nama pembuatnya, karena nama pembuatnya adalah Nicklus Wirth. Nama Pascal sendiri diambil dari seorang ahli matematika Blaise Pascal karena sudah membuat mesin hitung.
Nah kalo freepascal sendiri adalah nama aplikasi compiler dengan bahasa pemograman Pascal.

Ya, langsung saja kita akan membuat kalkulator sederhana menggunakan freepascal
  • Buka Free Pascal sobat.
  • Buat baru
  • Ketik tepat seperti gambar dibawah ini
    Kenapa saya hanya memberikan gambarnya saja? biar sobat ga copy paste tentunya, gimana mau belajar kalo cuma copy paste ^_^
Sekarang tekan F9, Jika ada tulisan Compile Successful berarti anda berhasil, jika tidak ulangi.
Sekarang tekan Ctrl+F9. Maka akan muncul

Sekarang coba ketik angka pertama, lalu angka kedua. Maka akan keluar hasil pertambahan..

Loh, katanya kalkulator tapi kok cuma pertambahan?
Jika sobat ingin mengganti pertambahan menjadi pengurangan sobat tinggal mengganti + di a+b menjadi a-b..
Jadi sobat tinggal mengganti + di a+b yaa.
Bagi : /
Tambah : +
Kali : *
Kurang : -

Bagaimana? Bisa membuatnya? semoga sukses yaa ^_^


Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
20 Juli 2016 19.15 × Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
avatar
admin
Thanks for your comment